Minggu, 18 Januari 2015

J. K. Rowling - Harry Potter and The Deathly Hallows

Judul: Harry Potter and The Deathly Hallows
Pengarang: J. K. Rowling
Jumlah halaman: 607
Penerbit: Scholastic
Genre: fiksi
Selesai baca: 18/05/2014
Rate: 5/5


Review:
Awalnya kukira buku ini hanya akan berisi penyelesaian-penyelesaian dari permasalahan-permasalahan yang disajikan pada buku-buku sebelumnya. Salah besar! Buku ini juga berisi satu petualangan utuh dengan berbagai misteri, ancaman, ilham, pertarungan, perjuangan, perselisihan, bencana, keberanian, suka dan duka, serta keberhasilan.

Cerita tetap diawali di Privet Drive, hanya saja kali ini narasi bukan pada penderitaan Harry. Bagaimana mengawal Harry keluar dari rumah keluarga Dursley menuju rumah keluarga Weasly adalah fokus utamanya. Sebuah proyek yang dipersiapkan dengan matang, penuh perhitungan, dan melibatkan banyak pihak ternyata berhasil dikacaukan Voldemort beserta para pengikutnya. Korban berjatuhan di pihak Harry. Sebuah pembukaan cerita yang lebih menyedihkan dibanding buku-buku sebelumnya.


Cerita menjadi agak cerah dengan persiapan pernikahan kakak Ron. Tetapi segera berubah drastis ketika di tengah-tengah pesta ada kabar minister of magic telah terbunuh. Harry, Ron, dan Hermione langsung menjadi pelarian.

Masa-masa pelarian inilah yang memakan sebagian besar isi buku. Harry haruslah meneruskan upayanya untuk mencari dan menghancurkan Horcrux-Horcrux yang tersisa; sambil menghindari kejaran para Death Eater. Ditambah pula 3 benda Deathly Hallows yang dipercayakan Dumbledore untuk dipecahkan misterinya.

Klimaks dan penyelesaian cerita sangat menarik. Sebuah titik puncak perjuangan yang panjang dan berat. Maka dari itu kemenangan yang diraih sungguh terasa manis.

Dari sisi tokoh pendukung, pengarang memberikan perkembangan karakter yang detail dan menawan. Yang berkesan adalah Ron, Neville, Fred, George, dan Snape.

Buku ini benar-benar buku penutup yang layak untuk seri Harry Potter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar