Sabtu, 22 Desember 2012

Jin Yong - Pendekar-Pendekar Negeri Tayli

Judul: Pendekar-Pendekar Negeri Tayli
Pengarang: Jin Yong
Jumlah halaman: 3415
Penerbit: kangzusi.com ( http://www.ziddu.com/download/16423018/Pendekar2NegeriTayli-DewiKZ-Revisi_Lengkap.pdf.html )
Genre: fiksi, wuxia
Selesai baca: 22/12/2012
Rate: 4/5


Review:
Judul Pendekar-Pendekar Negeri Tayli ini dalam bahasa aslinya adalah 天龍八部 (di-Indonesiakan menjadi: Thian Long Ba Bu), yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai Demi Gods Semi Devils. Terjemahan dari Mandarin ke Inggris dianggap tidak terlalu tepat (bisa dilihat di entry wikipedia: sini); demikian pula terjemahan ke bahasa Indonesianya.

Setelah tiga kali usaha - dan gagal -, baru pada usaha keempat inilah buku ini berhasil kubaca sampai habis. Ada dua faktor utama penyebab hal ini: yang pertama adalah karena panjangnya cerita yang menuntut cukup waktu untuk bisa menamatkannya; yang kedua adalah karena terbatasnya sumber cerita yang komplit dan bisa/mudah diakses: buku versi lama biasanya sudah jelek dan rusak karena dimakan usia, buku baru lumayan mahal, pdf versi lama biasanya juga tidak lengkap. Setelah waktu luang dan pdf versi lengkap ada, barulah kerinduan untuk menyelesaikan buku ini tersampaikan.

Sebagai informasi, sama seperti karya Jin Yong yang lain, terdapat tiga versi resmi dari cerita ini. Versi pertama diterbitkan pada tahun 1963, versi kedua di sekitar tahun 1970 - 1980, dan versi ketiga diantara tahun 1999 - 2006. Jin Yong sendiri yang melakukan revisi-revisi ini. Versi yang terdapat pada link penerbit diatas adalah campuran antara versi pertama dan versi kedua. Memang akhirnya jadi tidak jelas sudah menyelesaikan versi yang mana. Yang penting sudah selesai membaca ;)

Bagian awal dan akhir cerita ini ditulis dengan bagus. Bagian tengahnya yang terasa memiliki banyak kejanggalan. Hal ini kelihatannya disebabkan oleh pergantian penulis, yaitu ketika Jin Yong harus melakukan perjalanan ke Eropa, proses penulisan serial ini dialihkan ke penulis lain (Ni Kuang).

Meski memiliki beberapa pertanyaan yang tidak terjawab hingga akhir cerita (siapa pembunuh Hian Pi taysu, mengapa orang berbaju putih dan hitam bahu membahu melerai pergulatan Toan Ki dan Yu Goan Ci, bagaimana penjelasan tentang 'keracunannya' Toan Ki kepada keluarganya, dll), secara keseluruhan cerita ini adalah cerita yang bagus.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar