Kamis, 01 Mei 2014

J. K. Rowling - Harry Potter and The Goblet of Fire

Judul: Harry Potter and The Goblet of Fire
Pengarang: J. K. Rowling
Jumlah halaman: 636
Penerbit: Bloomsbury
Genre: fiksi
Selesai baca: 26/04/2014
Rate: 5/5


Review:
Pada buku inilah cerita Harry Potter dibangun dari misteri sejak dari bab pertama: rencana Voldemort di desa terpencil untuk 'membunuh' Harry. Sesuatu yang keluar dari pola yang ada, dimana cerita selalu diawali dengan kehidupan di rumah paman Vernon di Privet Drive.

Sepanjang cerita muncul juga berbagai misteri yang lain: kemunculan Death Eaters di Quidditch Worldcup, bagaimana Harry bisa terpilih ikut serta dalam turnamen triwizard, bagaimana Harry yang secara usia dan kemampunan dibawah peserta lain bisa melewati berbagai tantangan maut.

Satu hal yang terasa berbeda, di seri ke-4 ini cerita Harry Potter jadi terasa lebih dewasa: Harry dan Ron terkena detention karena menyumpahi Snape, ada beberapa humor ringan tentang seks, dibagian akhir ada fragmen dimana Wormtail memotong sendiri tangannya, dan kematian seorang teman yang cukup dekat dengan Harry. Kelihatannya sang pengarang merasa sudah waktunya Harry (14 tahun di dalam cerita) dan para pembaca diperkenalkan dengan pola cerita yang lebih gelap; beranjak keluar dari nuansa anak-anak.

Secara kualitas, seri ini selevel dengan seri-seri sebelumnya. Highly recommended!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar