Rabu, 08 Januari 2014

Gu Long - Seri Pendekar Harum 6: Legenda Bunga Persik

Judul: Seri Pendekar Harum 6: Legenda Bunga Persik
Pengarang: Gu Long
Jumlah halaman: 365
Penerbit: kangzusi.com
Genre: fiksi, wuxia
Selesai baca: 08/01/2014
Rate: 3.5/5

Review:
Buku seri ke-6 banyak berbeda dari seri-seri sebelumnya. Perbedaan pertama adalah dari sisi penamaan tokoh-tokohnya. Seri-seri sebelumnya menggunakan dialek hokian, seri 6 menggunakan bahasa mandarin. Dari Coh Liu-hiang berubah menjadi Chu Liuxiang; dari Oh Ti Hoa menjadi Hu Tiehua. Alhasil, cukup susah untuk mengenali siapa tokoh yang dimaksud dalam narasi.

Gaya bercerita yang lambat adalah perubahan kedua. Alur cerita dijejali dengan terlalu banyak narasi yang tidak perlu. Jadinya, kadang rasa bosan muncul dalam proses menyelesaikan buku ini.


Yang ketiga adalah perubahan karakterisasi tokoh utama. Meski nuansa misteri terasa kuat dari awal cerita, sang tokoh utama digambarkan sering kehilangan kecerdikan yang menjadi ciri khasnya. Cukup banyak kali Chu Liuxiang dipermainkan dan terpojok oleh seorang musuh misterius. Sang penulis kelihatannya sengaja melakukan ini untuk menekankan pengaruh jatuh cinta terhadap Chu Liuxiang. Yup, di kisah kali ini Chu Liuxiang memang benar-benar jatuh cinta bahkan sampai hampir punya anak! Sebuah ide yang menarik. Sayang secara keseluruhan buku ini gagal menyajikan tingkat keseruan seri pendekar harum.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar