Senin, 02 Januari 2012

Panduan IELTS Writing Task 2

Berikut adalah ringkasan panduan untuk IELTS Writing Task 2 yang saya himpun dari pengalaman pribadi mengikuti kursus English for Academic Purposes di IALF Bali dalam rangka kegiatan persiapan ADS awardees sebelum berangkat studi:

1.       Pada umumnya Writing Task 2 dibagi menjadi 3 bagian:
a.    1 paragraf untuk introduction
                                       i.     Biasanya berisi 4 kalimat.
1.    Kalimat pertama berisi berita / kondisi sekarang / hal yang umum dijumpai / pandangan umum yang berkaitan dengan topik
2.    Kalimat kedua berupa kalimat tanya yang menghubungkan kalimat pertama dengan topik.
3.    Kalimat ketiga berisi argumentasi orang banyak / peneliti / orang ahli. Kata-kata yang sering digunakan di sini adalah: argue, believe, stated, claimed, etc.
4.    Kalimat keempat adalah the thesis statement/the writer's own opinion. Kalimat ini yang menjadi ide pokok yang nantinya dijabarkan di bagian isi. Kalimat ini bertolak belakang isinya dengan kalimat ketiga.
b.    1 – 3 paragraf untuk bagian isi
                                       i.     Jika topiknya tidak meminta adanya contradiction opinion, penulis bisa menulis dari satu sisi saja: setuju atau tidak setuju terhadap topik tersebut.
1.    Jika penulis setuju dengan topik, 1 paragraph bisa jadi sudah cukup. Isinya adalah argument-argumen yang mendukung. Jika argument-argumennya banyak, bisa juga dipisah menjadi 2 paragraf atau lebih.
2.    Demikian juga jika penulis tidak setuju dengan topik: 1 paragraf sudah cukup jika argumennya tidak banyak; 2 paragraf atau lebih jika argumennya banyak.
                                      ii.     Jika topiknya meminta adanya contradiction opinion (dicirikan dengan adanya kalimat seperti: explain the advantages and disadvantages of ….), penulis harus membuat minimal 2 paragraf. Satu untuk argument yang mendukung, satu untuk argument yang menentang.
c.     1 paragraf untuk penutup
                                       i.     Biasanya berisi 3 – 4 kalimat.
1.    Rangkuman pendapat-pendapat yang sudah dikemukakan dibagian isi sebanyak 1 atau 2 kalimat.
2.    Penegasan kembali thesis statement di bagian introduction menggunakan kalimat yang berbeda (paraphrase).
3.    Bisa juga ditambahkan ungkapan/peribahasa yang menguatkan pendapat penulis.
                                      ii.     Yang perlu diingat, jangan pernah memberikan informasi baru / tambahan apapun di paragraph ini. Paragraph penutup adalah paragraph yang menyimpulkan apa-apa yang sudah ditulis di paragraph sebelumnya.
2.       Dari sisi penilaian ada 4 hal yang dinilai dari jawaban:
a.    Task Response: apakah kita benar-benar memahami maksud pertanyaan? Apakah tulisan kita menjawab pertanyaan dengan tepat? Apakah tulisan kita sudah mencakup semua hal yang diminta oleh topik?
b.    Coherence and Cohesion: apakah tulisan kita terstruktur dengan baik? Apakah argument-argumen kita ditulis dengan runut ataukah lompat-lompat di bagian-bagian yang berbeda? Apakah kalimat-kalimat kita terhubung dengan baik? Di sini penerapan kata penghubung sangat penting.
c.     Lexical Resource: apakah kita memiliki perbendaharaan kata yang luas? Apakah kita bisa dengan benar menggunakan kalimat tunggal dan kalimat majemuk? Apakah kita mengulang-ulang kata yang sama ataukah kita bisa memberikan sinonimnya?
d.    Grammatical Range and Accuracy: apakah kita menggunakan grammar dengan tepat? Apakah penulisan huruf per huruf (spelling)untuk kata-kata yang kita gunakan benar? Apakah penggunaan tanda baca kita tepat?
3.       Cari dan baca contoh-contoh writing yang tersedia di internet. Kegiatan ini akan membantu dalam memberikan gambaran bagaimana seharusnya menjawab/menulis yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar