Selasa, 24 Januari 2012

Jostein Gaarder - Sophie's World

Judul: Sophie's World
Pengarang: Jostein Gaarder
Jumlah halaman: xii + 436
Penerbit: Phoenix House
Genre: fiksi, historical philosophy
Selesai baca: 24/01/2012
Rate: 4,0/5



Review:
Sebuah buku yang cocok buat mereka yang ingin tahu tentang filosofi. Pembaca akan diajak berkenalan dengan dunia filosofi lalu masuk dalam pemikiran demi pemikiran para filsuf, mulai dari Xenophanes di tahun 570 B.C. hingga Sartre di abad 20. Ada 15 nama filsuf yang dijadikan nama chapter - itu berarti ada 15 pemikiran filsuf yang cukup panjang untuk dijabarkan sehingga sebuah chapter didedikasikan khusus untuknya. Pemikiran para filsuf lain dikelompokkan kedalam chapter-chapter lain sesuai dengan urutan historisnya.


Kekuatan utama buku ini adalah pada kemudahannya seorang pembaca yang awam dengan dunia filosofi untuk dapat mengerti inti dan aliran pemikiran para filsuf. Sang pengarang sudah terlebih dahulu memilah-milah dan mengambil intisari filosofi para filsuf sebelum disajikan secara runut dan berkesinambungan kepada pembaca.



Namun, sekalipun sudah dibuat mudah untuk dimengerti, buku ini tetap merupakan sebuah buku yang cukup berat untuk dibaca mengingat begitu banyaknya pelajaran filosofi yang dicakup di dalamnya.


Cerita novel yang digunakan pengarang untuk membalut pelajaran filosofi di buku ini seringkali terasa kurang greget dan terlalu dipaksakan. Meski pendekatan cerita dalam ceritanya patut dipuji, kisah novelnya lebih sering membuat bosan daripada membuat tertarik.


Kesimpulannya, jika anda ingin mengetahui garis besar sejarah filosofi dan mau menoleransi sedikit gangguan pada pengemasan jalan cerita, buku ini adalah buku yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar