Kamis, 21 Juni 2012

Pramoedya Ananta Toer - Anak Semua Bangsa

Judul: Anak Semua Bangsa
Pengarang: Pramoedya Ananta Toer
Jumlah halaman: 353
Penerbit: Hasta Mitra
Genre: fiksi
Selesai baca: 21/06/2012
Rate: 5/5

Review:
Buku ini merupakan buku kedua dari 4 seri buku (kwaternarius) yang dibuat Pram ketika diasingkan di pulau Buru. Review buku pertamanya dapat dibaca di link ini.

Setelah terbiasa dengan gaya bahasa, plot, dan background budaya dari hasil membaca buku pertama, buku kedua ini terasa sangat berbobot. Kreatifitas, pengetahuan, pengolahan kata, pengaturan dialog, dan kemampuan menggulirkan cerita Pram sungguh sangat memukau. Keterbiasaan ini adalah salah satu faktor yang membuat nilai Rate naik menjadi 5 untuk buku ini, dari 4,5 untuk buku pertama.




Faktor lain adalah karena memang cerita dalam buku ini sangat menarik: sukar berhenti setelah memulai membacanya. Pembaca diajak tertawa, menangis, marah, terenyuh, terinspirasi, bertanya-tanya, dan banyak yang lain ketika mengikuti perjalanan hidup sang tokoh utama, Minke, setelah istrinya dibawa ke Belanda untuk menjalani perwalian secara terpaksa.


Benang merah yang bisa ditangkap dari buku ini dari keseluruhan seri adalah bahwa di dalam buku ini Minke semakin dalam mengenal realita kehidupan kolonial di bangsanya sendiri dan mulai berkenalan dengan kondisi bangsa-bangsa lain.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar